Juknis-Pedoman-Pelaksanaan-Upacara-HARDIKNAS-2017

Pedoman Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017

 


Pedoman Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017. Sehubungan dengan akan diperingatinya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017,berikut informasi mengenai Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 yang berisi tentang Tema dan Logo Hardiknas Tahun 2017 serta Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017.  Selain itu, Pada Surat Edaran dari Kemdikbud dengan nomor 21046/MPK/TU/2017 juga disampaikan bahwa Pemerintah menetapkan bulan Mei Tahun 2017 sebagai Bulan Pendidikan dan kebudayaan, yang diperingati dengan kegiatan-kegiatan bernuansa pendidikan dan kebudayaan sejak bulan April 2017 dengan konsep pelibatan semua unsur masyarakat serta memasang spanduk atau publikasi berisi tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017. Serta melaksanakan upacara bendera secara serentak pada hari Selasa, 2 Mei 2017 pukul 08.00 waktu setempat, yang akan diatur lebih lanjut dalam pedoman pelaksanaan upacara bendera.

PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2017

A. Latar Belakang
Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memilik jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Naional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk keseragaman dan tertibnya penyelenggaraan upacara bendera dalam rangka peringatan hari pendidikan Nasional tahun 2017 ini, perlu diterbitkan pedoman pelaksanaan upacara bendera.

B. Tujuan , Sasaran, Tema, dan Logo
Tujuan

  1. Memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan pentingnya dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa;
  2. Mengingat kembali pada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa;
  3. Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.

Sasaran
Semua insan pendidikan antara lain; pemangku kepentingan dan karyawan di lingkungan Kemendikbud baik di pusat maupun di daerah; pemangkau kepentingan dan karyawan di Lingkungan Kemristek Dikti; Kemenag; KBRI; pemerintah daerah; satuan pendidikan; serta institusi penyelenggara pendidikan.

Tema
Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2017 adalah “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”

Logo

Logo peringatan hari pendidikan nasional tahun 2017 dapat diunduh pada laman www.kemdikbud.go.id atau dengan cara Klik LINK INI.

Logo dan Tema Hardiknas 2017

C. Pelaksanaan Upacara Bendera Hardiknas 2017
(Untuk pelaksanaan upacara bendera Hardiknas di pusat, daerah dan lainnya Anda bisa melihat selengkapnya pada file pedoman berbentuk pdf yang bisa anda download pada link download di paling bawah).

Berikut ini kami sampaikan pedoman pelaksanaan upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 untuk instansi Sekolah/Madrasah;

Pembina upacara: Kepala Sekolah
Waktu Upacara : Jam masuk sekolah
Tempat Upacara  : Ditetapkan kepala sekolah
Peserta Upacara:

  • Kepala sekolah selaku pembina upacara;
  • para karyawan di sekolah;
  • para guru dan siswa;

Pakaian upacara:

  • Kepala sekolah dan guru mengenakan seragam guru;
  • pegawai sekolah mengenakan seragam pegawai;
  • Siswa memakai pakaian seragam sekolah

Susunan Acara Upacara Bendera Hardiknas Tahun 2017;

  1. Pembina upacara memasuki lapangan upacara:
  2. Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara;
  3. Laporan pemimpin upacara;
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan bersama;
  5. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;
  6. Pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;
  7. Pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  8. Pembacaan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Pembina Upacara;
  9. Menyanyikan lagu wajib belajar (Cipt. RN Sutarmas/H.Winarno) oleh paduan suara;
  10. Pembacaan Do’a
  11. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara;
  12. Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara;
  13. Pembina upacara meninggalkan tempat upacara;
  14. Upacara Bendera selesai, barisan dibubarkan.

E. Penutup
Demikian pedoman ini kami informasikan untuk dijadikan acuan dalam penyelenggaraan upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; Kementrian riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Agama; Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri; pemerintah daerah; seluruh unit pelasana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; satuan pendidikan; serta institusi penyelenggara pendidikan di Indonesia.

Itulah tadi beberapa cuplikan isi dari Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017 yang jatuh pada Tanggal 2 Mei 2017. File Pedoman yang asli dari Kemendikbud dapat Anda unduh pada link download di bawah ini.

 

Link Download: 
Facebook Comments

Share This: